Kamis, 16 Juli 2015

PROFIL LENGKAP KUROKO TETSUYA - KUROKO NO BASUKE



Kuroko tetsuya adalah tokoh atau karakter utama dalam serial manga dan anime kuroko no basuke, dari SMP hingga SMA dia dijuluki sebagai pemain keenam bayangan (shadow six player), kuroko memiliki hawa keberadaan yang sangat tipis sehingga tidak heran jika teman2 disekitarnya sering kaget akan keberadaannya yang dikira muncul secara tiba2. Untuk segi Kemampuan kuroko tetsuya hanya bisa melakukan operan (pass) namun dia menggabungkannya dengan hawa keberadaannya yang lemah dan teknik bidang penglihatannya yang tajam, ini membuatnya menjadi senjata yang unik dalam bermain basket, kemampuan ini sering disebut “misdirection”. Dalam serial animenya sekarang ia bermain untuk tim reguler SMA seirin dan memiliki impian bersama dengan rekan satu timnya kagami taiga membawa tim basket seirin mengalahkan anggota kiseki no sedai  dan menjadi nomor satu dijepang.



Kemunculan pertama
manga : chapter 1
anime : episode 1

Data pribadi
nama lengkap : kuroko tetsuya
kanji :黒子 テツヤ     
jenis kelamis : laki-laki
umur : 16 tahun
tinggi : 168 cm
berat :57 kg
tanggal lahir :31 januari
zodiak : aquarius
golongan darah : A
tim : teiko (mantan), seirin (sekarang)
kemampuan :
- misdirection
- cyclone pass
- ignite pass
- ignite pass kai,
- vanishing drive
- misdirection overflow
- phantom shoot
- quashi emperor eye

     
Penampilan

kuroko tetsuya memiliki wajah yang putih pucat dan datar serta memiliki tatapan yang kosong , rambut berwarna biru muda dan warna mata yang biru pula. tingginya 168 cm dan berat hanya 57 kg, keadaan fisik ini sangat jauh dari rata-rata dari ukuran seorang pemain basket, akan tetapi dia berhasil menutupi kekurangannya dengan kemampuannya yang unik.didalam pertandingan kuroko
selalu mengenakan jersey seirin nomer 11 berwana putih, hitam dan merah.memakai sepatu berwarna putih dengan garis biru, Terkadang ia juga memakai sweetband berwarna hitam,tidak lupa dia selalu mengenakan kain gelang berwarna hitam dalam pertandingan.ketika diluar pertandingan atau latihan dia memakai seragam sekolahnya yakni gakuran berwarna hitam dominan berlengan panjang dan memiliki kerah serta kancing.   

Sifat dan Kepribadian

seperti yang disinggung sedikit diatas tadi, kuroko tetsuya memiliki wajah datar,tatapan kosong dan muka tanpa emosi atau ekspresi. Selalu bermain sepenuh hati bersama dengan timnya, tipe karakter yang pekerja keras dan selalu berusaha yang terbaik. Dia menyebut dirinya sebagai “bayangan”, karena menurutnya semakin
terang “cahaya” maka semakin gelap “bayangan” dengan kata lain
semakin kuat cahayanya, dia juga akan semakin kuat. dalam tim basket teiko dulu cahayanya adalah Aomine daiki,sekarang cahayanya dalam tim basket seirin adalah kagami taiga. Sifatnya juga sopan terhadap semua orang tak terkecuali terhadap wanita, ini terbukti ketika kuroko mencoba menasihati momoi ketika sedang berselisih dengan aomine (lihat episode 27 season 2).
kesimpulannya
kuroko mempunyai kepribadian yang baik, orang yang sangat tenang dan tidak panikan, dan selalu berfikir rasional. 


Kemampuan (skill)
sejatinya kuroko adalah pemain basket yang memiliki kemampuan dibawah rata2,
namun berkat latihan dan kerja kerasnya, dia bisa menemukan jalannya menjadi seorang pemain basket yang bagus dan handal, berikut akan saya jabarkan secara detail kemampuan kuroko tetsuya :

a) Misdirection

adalah kemampuan utama kuroko tetsuya, dengan menggunakan kecepatan tangan
dan teknik bidang penglihatan yang tepat dalam mengoper,dan jeda waktu yang sangat singkat dalam memegang bola (bahkan bisa dikatakan dia tidak pernah memegang bola atau hanya mengubah arah operan) serta dikombinasikan dengan hawa keberadaannya yang tipis, ia dapat mengecoh lawan dan mengalihkan pandangan perhatian lawan dari dirinya. Teknik ini juga sangat berguna ketika kuroko mengkombinasikan dengan teknik lainnya. ia mendapat petunjuk teknik ini dari akashi seijurou kelebihan dari teknik ini dapat membuat lawan kebingungan dalam memudahkan rekannya untuk mencetak poin, karena alur atau arah operannya menjadi berubah dan seolah-olah bolanya melengkung. Dari segi kelemahan teknik ini tidak dapat bertahan lama atau dalam permainan basket teknik ini tidak bisa digunakan selama 40 menit karena jika terlalu sering digunakan efeknya bisa berkurang, atau bahkan menghilang. Selain itu teknik misdirectin ini juga tidak berguna apabila lawannya memiliki jangkauan penglihatan yang luas seperti kazunari takao dari SMA shutoku yang memiliki mata rajawali (hawk eye).
   
  
"Misdirection"

b) Cyclone pass

adalah kemampuan mengumpan dari sisi lapangan ke sisi lapangan yang lain, ini
seperti laser beam-nya ichiro suzuki dalam permainan baseball J. Kemampuan kuroko ini digunakan pada saat melawan tim shutoku di babak final penyisihan inter high dan tim yosen dalam babak perempatfinal winter cup. Kelebihan teknik ini adalah bisa digunakan untuk serangan balik dan mencetak poin dengan cepat. Dari segi kekurangan mungkin teknik ini tidak bisa dipakai untuk tim yang punya karakter yang cepat dan defense yang kuat, itu terbukti ketika melawan touou gakuen karena disana ada aomine daiki yang cepat dan tim yosen yang mempunyai murasakibara atshuhi dengan pertahanan mutlaknya.


 "Cyclone Pass"

c) Ignite pass
teknik mengoper yang digunakan kuroko dengan cara mendorong atau lebih bisa dibilang memukul bola untuk menembus pertahanan lawan. Kelebihan teknik ini adalah bisa membuat lawan sulit untuk mencuri (steal) operan, ignite pass pertama kali diperlihatkan ketika melawan shutoku, kuroko menggunakan teknik ini untuk melepaskan diri dari penjagaan kazunari takao yang mempunyai hawk eye.      kekurangannya adalah karena operan ini relatif cepat,maka operan ini tidak bisa diterima oleh sembarang orang, hanya orang tertentu yang bisa menerima pass ini, terbukti hanya kagami di tim seirin yang bisa menangkapnya namun kelemahan ini bisa tertutupi karena diseason 2 anime kuroko no basuke,semua rekan-rekan kuroko bisa menerima pass berkat latihan dan kerja keras, kelemahan yang lain adalah pass ini masih bisa dipotong atau dicuri dari lawan yang sudah kenal kuroko sejak lama, waktu ketika melawan touou gakuen (akademi touou) aomine daiki mantan "cahaya" kuroko di teiko bisa memotong pass ini.

    
"Ignite pass"

d) Ignite pass (kai)
teknik mengoper ini adalah pengembangan atau next level dari ignite pass, selain  mendorong dan memukul bola kuroko juga memutar bolanya agar afeknya jauh   lebih cepat, ini seperti teori peluru ketika ditembakan. Kemampuan ini pertama kali digunakan ketika pertemuan keduanya dengan tim touou gakuen. Kelebihan teknik ini sama seperti ignite pass yakni membuat lawan sulit memotong bola ketika diumpan. Kelemahannya teknik ini  diseason 2 dan season 3 rekan satu tim kuroko kecuali kagami masih belum bisa menagkap bolanya dengan baik. Kelemahan yang lain pass ini tidak bisa digunakan berkali-kali karena akan membebani tubuh kuroko dan menguras banyak energi terbukti ketika teknik ini  digunakan untuk kedua kalinya aomine dengan mudah memotongnya.



"Ignite pass (kai)"

e) Vanishing drive
ini adalah kemampuan kuroko dalan mendrible bola, sesuai dengan namanya ketika kuroko mendrible bola lawannya tidak bisa berkutik apa-apa seolah-olah kuroko menghilang didepan mata, ini dikarenakan penggabungan antara drive dengan misdirection serta memanfaatkan hawa keberadaan orang disekitar,jadi ketika kuroko mendrible bola dan ada seseorang yang melakukan pergerakan dibelakang kuroko maka lawan akan terfokus pada pergerakan sesorang dibelakang kuroko tersebut, dan pada saat itulah kuroko melakukan drive. teknik ini didapat ketika kuroko latihan dimusim panas dan dipakai ketika pertemuan kedua dengan shutoku dibabak penyisihan winter cup. Kelebihan dari teknik ini lawan tidak bisa menjaga apalagi merebut bola karena efek penggunanya yang seperti menghilang. Kelemahannya disini hanyalah soal stamina, karena teknik ini berhubungan dengan misdirection maka tidak bisa digunakan selama satu pertandingan penuh. Dan kelemahan yang lainnya dengan tidak melihat sipengguna maka lawan tidak akan terkena efeknya, ini seperti yang dilakukan aomine ketika one on one dengan kuroko, aomine menutup mata dan hanya merasakan nafas dan gerak tubuh kuroko dan drivenya berhasil dihentikan.



"Vanishing Drive"


f) Misdirection overflow
misdirection overflow adalah teknik yang digunakan ketika misdirection kuroko habis dan menjadikan satu rekan timnya seperti bisa menggunakan vanishing  drive seperti kuroko, mengapa bisa begitu?? Iya secara logika Karena kuroko bermain secara penuh dipertandingan maka misdirectionnya habis, otomatis hawa keberadaan kuroko tidak menjadi lemah lagi, ini menjadikan pandangan lawan teralihkan pada kuroko karena kuroko menjadi terlihat dengan jelas layaknya pemain biasa dan secara otomatis fokus pada lawan yang sedang dihadapinya menjadi berkurang dengan celah ini rekan kuroko bisa melewatinya dengan mudah seperti bisa menggunakan vanishing drive. Intinya jika vanishing drive kuroko memanfaatkan hawa keberadaan orang lain untuk mengalihkan perhatian maka misdirection overflow sebaliknya, kuroko menjadi pusatnya untuk mengalihkan perhatian. kelebihan dari teknik ini bisa menjadikan satu rekan kuroko menggunakan  vanishing drive sehingga dengan mudah melewati lawan dan mencetak angka. dari segi kelemahan seperti kata midorima shintarou teknik ini memiliki beberapa resiko diantaranya tidak akan bertahan lama karena tak selamanya kuroko bisa menjadi pusat pengalih perhatian, lama kelamaan misdirection overflow akan pudar dan menghilang serta resiko yang lain kuroko membuang masa depannya karena teknik ini seperti pesulap yang sedang memberitahukan trik sulapnya, jadi misdirection overflow tidak akan bekerja lagi pada lawan yang sama dan lawan yang sudah melihat teknik ini.

"Misdirection Overflow"

g) Panthom shoot
yang selanjutnya ada teknik panthom shoot yaitu teknik menembak kuroko yang diajarkan oleh aomine daiki dengan dikombinasikan dengan misdirection sehingga ketika menembak bolanya tidak bisa diblok. Pose panthom shoot ini cukup unik sebelum kuroko menembak letak bola berada di depan dada, tangan kanan siap untuk mendorong bola dan tangan kiri sebagai penyeimbang.kelebihan dari teknik ini seperti yang disinggung sedikit tadi panthom shoot tidak bisa diblok karena dikombinasikan dengan misdirection sehingga bolanya seperti menghilang, teknik ini juga sangat bagus untuk pengalih perhatian karena bisa diubah menjadi pass. dari segi kekurangan mungkin sama dengan kasus sebelumnya tidak bisa bertahan lama karena berhubungan dengan misdirection, bahkan ketika lawan sudah mengetahui teknik ini akan sangat mudah dihentikan seperti yang dilakukan oleh kise ryota dan kasamatsu yukio dari tim kaijo.

"Panthom Shoot"

h)Quashi emperor eye
kemampuan kuroko yang terakhir adalah quashi emperor eye yakni kemampuan         penglihatan kuroko untuk bisa melihat gerakan masa depan rekannya.quashi         emperor eye bisa melihat jauh masa depan gerakan rekan setimnya dari pada         emperor eye biasa ini dikarenakan kuroko sudah mengenal dengan baik rekan-         rekannya itu. Tak banyak informasi mengenai teknik ini namun dari manga yang         sudah saya baca dan anime yang sudah saya tonton, kepercayaan terhadap         rekan-rekan satu timnya sangatlah besar. kelebihan dari teknik ini adalah bisa menghindari rekan-rekan setimnya dari kesalahan karena dengan melihat masadepan kejadian yang seharusnya menjadi kesalahan rekannya bisa tertutupi dengan kemampuan ini. dalam segi kekurangan kuroko hanya bisa membaca gerakan masa depan rekan-rekannya saja tidak bisa membaca gerakan lawannya. Namun hal itu mungkin bukan masalah bagi kuroko. 

Dari sekian banyak kemampuan kuroko yang sudah kita bahas tadi mungkin ada satu kemampuan kuroko lagi yang patut untuk kita tiru yaitu kebulatan tekad, kerja keras dan semangat pantang menyerah yang dimiliki untuk meraih tujuannya. Tanpa hal itu mungkin kuroko tidak akan bisa meraih trofi Winter cup.itulah sedikit tentang profil kuroko tetsuya, jika ada salah kata saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar